Rabu, 09 Mei 2012

Jalan Pagi


dokumen pribadi


Jalan (dalam KBBI ) adalah melangkahkan kaki . Jalan merupakan olahraga yang sangat sederhana dan biaya murah . Perlu modal semangat diri untuk bergerak sebagai bahan bakar  aktivitas ini. Jalan merupakan aktivitas bergerak dari satu titik ke titik lain atau gerak pindah menggunakan kaki sebagai alat geraknya.
Jalan merupakan cabang olahraga atletik yang merupakan induk dari cabang olahraga yang lain, sehingga dari sini sebagai awal untuk membentuk pola gerak dasar yang pokok.dalam pengembangan pola gerak dalam cabang olahraga pada umumnya.
Manusia berjalan melalui proses tahapan .Bermula dari belum bisa, memerlukan pembelajaran mulai merangkak, belajar berdiri dan akhirnya berjalan.
Berjalan ada yang santai sekedar dapat menikmati suasana pagi. Bahkan dapat pula ke even lebih dari sekedar rekreasi . Selanjutnya bisa meningkat ke jenjang untuk pemeliharaan kesehatan dan bisa ke perlombaan. Jalan cepat dilombakan dengan jarak tempuh 20 KM.
Jalan disini lebih ditekankan pada kegiatan rutin yang diarahkan untuk kebugaran,. Berjalan merupakan aktivitas yang alamiah dan sangat mendukung kondisi kesegaran jasmani, sebab dengan aktivitas jalan digunakan sebagai alat untuk melatih dan meningkatkan kemampuan otot kaki,dan daya tahan pernafasan kita. Ada unsur kekuatan , keseimbangan, dan koordinasi.
Beberapa komponen yang perlu dilatih dengan aktivitas jalan pagi , agar dapat dirasakan manfatnya harus dilakukan dengan teratur dan terukur . Aktivitas yang dilakukan pada pagi hari dengan beberapa keuntungan . Udara pagi masihsegar,bersih dengan suasana yang kondusif. Pagi sebagai waktu yang masih segar, sebagai waktu yang belum banyak carut marut lalu-lintas jalan dan suasana pagi yang indah.
Cukup dengan menempuh jarak 5 KM saja kita dapat melatih kemampuan  daya tahan tubuh kita .Jumlah ulangan  aktivitas tersebut dilakukan 3-4 kali dalam seminggu. Setelah dilakukan dalam waktu 3 bulan akan terlihat hasilnya , dengan ditandai tubuh kita akan mengalami peningkatan kemampuan secara fisiologis, diantaranya tubuh menjadi bugar .
Dengan kondisi bugar dapat menjadikan modal pendukung kegiatan fisik dengan   lancar dan baik.  Itulah beberapa manfaat aktifitas sederhana, beaya murah dengan perlakuan yang baik ,terprogram,terukur menjadikan sumber kebugaran bagi tubuh. dan aset besar masyarakat yang sehat.


sumber tulisan dari sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar